Apa sih “Chuseok Holiday??”

Annyeonghaseyo^^

Mau bahas tentang Chuseok Holiday..Di KorSel akan diadakan Hari raya besar tradisional Korea, Hangawi (Chuseok) yg jatuhnya sekitar minggu ke-3 bulan September.

Hmmpp..Chuseok holiday itu pa yach??

Chuseok, atau hari panen Korea, adalah hari libur terbesar dalam setahun. Chuseok juga disebut sebagai “Jungchujeol,” “Hangawi,” atau “Gawi” di Korea.Nama lain hari libur ini, “Hangawi”, adalah kata majemuk, ‘han’ berarti agung atau besar dan ‘gawi’ diperkirakan berasal dari adat istiadat masa Silla *hehe..kayak yang di QSD yach*, yang dilanjutkan sampai abad ke-7, saat itu diadakan pertandingan menenun kain, pertandingan tersebut dibagi menjadi dua tim. Tim yang menenun kain yang paling panjang dinyatakan sebagai pemenang, sedangkan tim yang kalah harus mentraktir tim yang menang dengan berbagai makanan yang enak-enak.

Kekeke..ada yg bilang Thanksgiving korea..

Ciri khas Chuseok.Klo menurutku, klo d Indo tu kayak Hari Lebaran Idul Fitri..Jadi..ya hampir smalah kayak kegiatannya..

  • kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga
  • Ritual untuk para leluhur
  • “Eumbok”: Orang membagi makanan setelah upacara ritual, yang disebut ‘eumbok’. *Klo disini namanya bancaan.hihi..*
  • Membersihkan kuburan
  • Kunjungan kekuburan (ziarah): Ini udah jadi tradisi waktu Chuseok..Ziarah ini dilakuin sebagai bentuk menghormati nenek moyang mereka.
  • Kegiatan untuk menyambut bulan: katanya nih..klo manjatin do’a waktu bulan purnama, do’anya itu bakal dikabulin.  Doa itu semacam pembaharuan janji terhadap diri sendiri untuk masa depan atau visi masa depan. kegiatan ini mencerminkan diri pada waktu hari malam Chuseok.

Kalau buat sekarang, makna yang terbesar dari hari Chuseok mungkin itu reuni keluarga. Chuseok lebih memiliki arti berbagi rasa dengan orang lain. Menyiapkan bingkisan telah menjadi tradisi selama Chuseok. Secara keseluruhan, Chuseok memiliki makna, cinta pada keluarga, rasa terima kasih dan berbagi rejeki. Kekekeke..waktunya gajian!!..

Catatan tambahan:

Biasanya, dalam perayaan Chuseok ini juga di tandai dengan banyaknya para artis Korea yang merilis foto-foto mereka dengan menggunakan Hanbok (pakaian tradisional Korea) yang memaknai bahwa merekapun ikut memeriahkan perayaan adat turun-temurun itu sekaligus ikut melestarikan budayanya serta memberi contoh baik khususnya pada generasi muda di Korea.

Seperti parade foto-foto bintang-bintang Korea yang ikut memeriahkan Chuseok tahun ini dengan melakukan “Hanbok Ipgo Chuseok Insa”

Sumber:AsianFansClub

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s