Tahun Baru ‘Seollal’

 

Tahun Baru Korea (Korea: Seollal (설날) atau Gujeong (舊正) adalah hari pertama dalam kalender lunar (kalender Korea), oleh karena itu terkadang Seollal sering disebut Tahun Baru Lunar atau Lunar New Year. Seollal dianggap rakyat Korea lebih penting daripada hari tahun baru kalender Gregorian. Walaupun tidak terlalu populer, istilah Seollal juga berarti Yang-nyeok Seollal (양력설날, tahun baru kalender Gregorian) yang disebut Shinjeong (신정). Dan Seollal ini juga merupakan salah satu perayaan besar di Korean selain hari raya Chuseok.

Tahun baru Korea jatuh pada tanggal yang sama dengan tahun baru Imlek, kecuali ketika bulan baru muncul antara jam 15:00 UTC (tengah malam waktu Korea) dan 16:00 UTC (tengah malam waktu Tiongkok). Dalam kasus ini (rata-rata terjadi 24 tahun sekali), bulan baru akan muncul “keesokan harinya” di Korea dibanding di Tiongkok, dan Seollal akan dirayakan sehari setelah Imlek di Tiongkok.

 

Jika membaca penjelasan dari wikipedia, ritual dan jumlah hari libur serta pakaian yang digunakan saat Seollal sama seperti hari raya Chuseok. Namun jika kita perhatikan hari saat perayaannya, jelas sekali berlangsung pada waktu yang berbeda. Untuk tahun ini, Seollal jatuh pada tanggal 14 Februari dan Chuseok pada tanggal 22 September nanti.

 

Saat hari Seollal, pada pagi hari keluarga di Korea melakukan sebuah ritual yang dinamakan Charye. Namun ada juga keluarga di Korea sana yang melakukan tradisi memuat makanan dan kemudian membagikan makanan khas tahun baru yaitu tteokguk.

 

Setelah melakukan ritual Charye, selanjutnya mereka akan melakukan ritual yang dinamakan Sebae. Sebae adalah cara memberi hormat kepada orang tua atau kakek dan nenek pada hari tahun baru dengan cara membungkukkan badan (jika di Indonesia, terlihat seperti sungkem). Jika imlek menyebutkan Gong Xi Fat Choi saat mengucapkan selamat tahun baru, di Korea, anak-anak akan mengucapkan selamat tahun baru sambil membungkukkan badan kepada orang yang lebih tua “saehae bok manhi badeuseyo” (새해 복 많이 받으세요) yang artinya semoga mendapat banyak keberuntungan tahun baru. Dan kemudian orang tua akan memberikan angpao atau saebaetdon untuk sebutan di Korea kepada mereka.

 



  1. こんにちは
    悪玉コレステロールが増え続けると物凄く命の危険があると言われていますよね。私は定期健診で悪玉コレステロールや中性脂肪のスコアが年々上がっていました。そこで辿り着いた答えがきなりです。大変様々な飲み薬を検証した後、最終的にきなりにめぐり合えたという事です。活気溢れる暮らしをこれからも続けたい方は興味があれば見てください。

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s