Pengabdian Tiada Akhir Linda Freel bagi Warga Korea

 

Seorang wanita berkewarganegaraan Amerika Serikat yang telah lama tinggal di Korea Selatan melakukan sebuah kebaikan yang sangat menyentuh hati banyak orang. Dia menyumbangkan organ-organ tubuhnya bagi sejumlah warga Korea yang sekarat dan membutuhkan transplantasi organ tubuh.

Wanita murah hati itu bernama Linda Freel, usianya 52 tahun dan semasa hidupnya di Korea dia mengabdikan dirinya mengajar di sebuah sekolah internasional di Euijeongbu, sebelah utara Seoul. Kebaikan itu dilakukannya tak lama setelah dokter menyatakan otaknya sudah tak berfungsi atau dengan kata lain dia sudah meninggal dunia.

Sebelum dilarikan ke rumah sakit, Linda terjatuh tak sadarkan diri akibat gangguan otak yang dideritanya. Linda dibawa ke Rumah Sakit St. Mary setelah ia limbung dan pingsan. Penyakit ini sudah lama diketahuinya, tapi dia tetap tegar menjalani hidup. Bahkan dia berpesan kepada suaminya, Rex Freel, agar menyumbangkan organ-organ tubuhnya kepada mereka yang membutuhkan jika Tuhan mengambil nyawanya.

Rex, sang suami bekerja sebagai kepala sekolah di tempat Linda mengajar. Dia langsung melakukan wasiat sang istri untuk menyumbangkan organ-organ tubuhnya. Tindakan mereka sangat mengharukan dan banyak diliput di media massa di Korea Selatan.

Liver, kornea mata, kedua ginjal, dan beberapa organ tubuh lainnya menjadi sumbangan sosial terakhir Linda pada banyak pasien sekarat yang membutuhkan transplantasi organ. Dokter Yang Chul-woo, ahli transplantasi organ tubuh di Rumah Sakit St. Mary, mengatakan sebagian kulit dan selaput tulang Linda akan disumbangkan untuk seorang korban luka bakar parah yang membutuhkannya.

Staf rumah sakit itu juga mengatakan bahwa sumbangan organ tubuh Linda sangat berharga karena ada banyak pasien gawat darurat yang membutuhkan transplantasi organ dengan segera. Untuk mengenang jasanya hingga akhir hayat, sebuah altar peringatan bagi Linda didirikan di rumah sakit itu. Banyak pengunjung yang ramai mendatangi tempat itu sejak hari kematiannya pada Selasa 25 Januari lalu.

Pasangan suami-istri Rex dan Linda Freel ini cukup terkenal dermawan di negara pencetak idola KPop itu. Mereka pertama kali menginjakkan kakinya di Korea 14 tahun yang lalu sebagai pasangan misionaris dalam rangka menyebarkan ajaran agama Kristen dan melakukan aktivitas sosial di sana.

Source: Chosun Ilbo

  1. seandainya ada orang seperti ini juga ya di negara kita..;-)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s