[History] Big Bang

 

Big Bang


Big Bang adalah boy band dari Korea Selatan. Kelompok ini terdiri 5 personel, masing-masing mempunyai bagian suara berbeda atau rapping. Mereka dianggap sebagai anggota wajah yang baru dari “Keluarga YG” di bawah asuhan YG Entertainment.[1] Setelah meluncurkan karier mereka pada tahun 2006, Big Bang berhasil populer dan sukses pada tahun 2007 dengan singel “Lies” (거짓말). Kesuksesan ini menempatkan Big Bang sebagai boy band ternama Korea Selatan, dan bersaing dengan grup penyanyi wanita Wonder Girls. Selain dikenal berkat lagu-lagu hit mereka, anggotanya juga dijadikan panutan dalam gaya berbusana.

 

 

Perjalanan karier

Pendirian: 2005-2006

Sebelum meluncurkan karier mereka dengan perusahaan rekaman besar, masing-masing anggota Big Bang sudah tidak asing lagi dengan dunia hiburan. G-Dragon, sang pemimpin, dan Tae Yang telah menjadi anggota YG Entertainment sejak mereka berusia 12 tahun. Keduanya dikenal sebagai “GDYB” yang merupakan singkatan nama mereka berdua ‘GD dari G-Dragon dan YB’ dari Young Bae (nama asli Tae Yang). Anggota bernama T.O.P dikenal sebagai rapper hip hop underground, sementara Seung Ri pertama kali masuk ke dalam dunia industri hiburan ketika diikutsertakan dalam acara milik Shinhwa, “Let’s Cokeplay Battle”.

Setelah anggota Big Band lengkap, jaringan televisi MTV Korea membuat 10 episode dokumenter yang memuat tentang aktivitas mereka selama menjalani latihan sebelum diluncurkan sebagai boy band. Episode 6 bagian pertama merinci tentang motivasi dan latar belakang para anggota untuk menjadi seorang penyanyi. Dokumenter ini melukiskan proses latihan yang sangat berat seperti sesi menari dan menyanyi. Dua orang anggota, SO-1 dan Seung Ri telah dipertimbangkan untuk tidak diikutsertakan, tetapi mereka diberi kesempatan untuk memamerkan kebolehan mereka dalam hal menari dan menyanyi. Namun Yang Hyun Suk (CEO YG Entertainment) akhirnya mengeluarkan SO-1 karena ia dianggap “terlalu malu-malu”. Sementara itu, Seung Ri membuat Yang Hyun Suk terkesan dengan ketrampilan menyanyi dan menari yang dimilikinya, dan dipilih sebagai anggota Big Bang. Video dokumenter ini dibuat untuk mengenang masa paling berat para personel Big Bang sebelum menjadi bintang di industri hiburan Korea.

Ketika banyak boy band yang memiliki type penyanyi yang imut, produser YG entertainment ingin memudarkan citra imut, dan membuat sebuah boy band yang benar-benar bisa bernyanyi. Sebelum melakukan debutnya sebagai Big Bang, para personelnya pernah mengusulkan beberapa nama seperti Apex, Stump, dan Diamond. Yang Hyun Suk, produser dan pendiri YG Entertainment menganggap nama-nama yang diusulkan mereka terlalu kekanak-kanakan, dan menetapkan nama baru, yakni “Big Bang”.

Penampilan pertama: 2006

Big Bang secara resmi melakukan penampilan pertama mereka di konser YG Family, 19 Agustus 2006 di Gymnastics Arena, Taman Olimpiade Seoul. Pada mulanya Big Bang beranggotakan 6 orang, namun salah seorang personel telah gugur (dalam video dokumenter Big Bang episode 9) dan tidak diikutsertakan.

Sebelum merilis album pertama mereka, Big Bang merilis 3 EP secara berturut-turut dalam beberapa bulan. Mereka merilis EP pertama, The First Single (29 Agustus 2006) yang menghasilkan singel hit, “This Love”. Lagu “This Love” merupakan pembuatan ulang dari lagu “This Love” milik boy band Amerika Maroon 5. Singel “This Love” laris terjual 17 ribu kopi di bulan Agustus 2006, dan selanjutnya masih laku kira-kira sebanyak 40 ribu kopi. Big Bang merilis EP kedua, “Big Bang Is VIP”, sebulan kemudian pada 28 September 2006, dan terjual sebanyak 21 ribu kopi dalam tempo 1 bulan. Pada akhirnya “Big Bang Is VIP” mampu terjual sebanyak 32,000 kopi. Pada 22 November 2006, mereka merilis EP ketiga bertajuk B I G B A N G 0 3, dan sukses terjual hampir 30 ribu kopi.

Masih pada tahun yang sama, klub penggemar Big Bang didirikan dengan nama “V.I.P.” (nama yang diambil dari judul singel kedua mereka, “Big Bang Is VIP”). Berbeda dengan klub penggemar yang lain, penggemar Big Bang tidak mempunyai warna balon khusus untuk memperlihatkan dukungan mereka pada Big Bang. Sebagai pengganti balon, mereka melambaikan saputangan atau bandana berwarna hitam dan putih yang merupakan warna Big Bang.

Pada akhir Desember 2006, Big Bang menggelar konser pertama berjudul “The Real”. Pada bulan berikutnya mereka merilis album perdana Since 2007 yang berisi kompilasi singel-singel yang beredar sebelumnya. Album perdana Big Bang terjual sebanyak 48.009 kopi hingga akhir Februari 2007.

Puncak kesuksesan: 2007-2008

Pada 8 Februari 2007, Big Bang merilis album konser berjudul The First / Real Life Concert yang terjual hampir 30 ribu kopi hingga akhir 2007. Dari Mei sampai Juli 2007, Big Bang menggelar tur keliling Korea pertama mereka yang diberi nama, “With You”. Konser diadakan di 5 kota besar: Incheon, Daegu, Changwon, Jeonju, dan Busan.

Pada Agustus 2007, Big Bang merilis Always sebagai album mini perdana mereka, diikuti dengan promosi dan temu penggemar. Pemimpin grup G-Dragon mulai memproduksi dan menulis beberapa lagu untuk album Always. Album ini mendapat disambut baik oleh penggemar dan kritikus musik, terutama lagu berjudul “거짓말” (“Lies“).[9] “Lies” menjadi lagu pertama dari Big Bang yang menjadi hit luar biasa. Di acara SBS Hit Songs, “Lies” menempati urutan pertama pada 27 September 2007. Lagu ini juga menduduki peringkat pertama dalam MBC’s Music Core, KBS Music Bank, dan Mnet Countdown, serta sejumlah tangga lagu daring dan untuk beberapa minggu berturut-turut.

Big Bang mendapatkan sejumlah penghargaan pada akhir tahun 2007, termasuk Grup Pria Terbaik dan Lagu Terbaik dalam acara Festival Musik M.NET/KM 2007.[10] Pada tahun 2008, Big Bang meraih Penghargaan “Daesang” (Artis Terbaik) dari 17th Seoul Music Awards.

Mini album kedua, Hot Issue dirilis beberapa bulan setelah Always, dan menghasilkan singel hit mereka yang berikut, “Last Farewell” (“마지막 인사”). Seperti album mini sebelumnya, “Last Farewell” juga menempati peringkat atas berbagai tangga album. Dari Cyworld, Last Farewell memenangi penghargaan Song of the Month Digital Music Award, dan berada di peringkat atas tangga album Juke-On selama 8 minggu berturut-turut.

Konser keliling kedua mereka, Big Bang Is Great berlangsung dari 28 Desember hingga 30 Desember 2008. Tiket habis terjual dalam 10 menit. Akibat terlalu lelah dan cedera selama konser, anggota Big Bang sampai harus masuk rumah sakit, dan kegiatan promosi mereka menjadi tertunda. Walaupun demikian, album dan singel Big Bang terus laris sehingga harus dicetak ulang.

Peluncuran karier di luar Korea

Setelah sukses di dalam negeri, Big Bang mempersiapkan peluncuran karier mereka di Jepang. Album bahasa Jepang pertama dari Big Bang, For the World dirilis tahun 2008. Album tersebut berisi lagu-lagu berbahasa Korea, dan hanya satu lagu berbahasa Jepang, “How Gee” (remix versi baru dari “How Gee” yang pernah dibawakan grup Jepang Black Machine). Album perdana mereka di Jepang sampai di peringkat 14 tangga lagu Oricon, dan terhenti di urutan ke-10 akibat kurang promosi. Pada 28-29 Maret 2008, Big Bang mengadakan konser di JCB Hall, Tokyo Dome City. Selain itu, mereka juga merilis album mini di Jepang pada akhir Mei dengan judul With U.

Setelah usaha mereka di Jepang berakhir, Big Bang kembali ke Korea pada pertengahan 2008. Sesudah tertunda beberapa kali akibat kegiatan solo personel Big Bang, mereka merilis album mini ke-3, Stand Up. Dalam album mini tersebut, Big Bang berkolaborasi dengan grup Daishi Dance. Bersama grup rock Korea No Brain, mereka menghasilkan lagu berirama punk rock, “Oh My Friend”. Dari album mini tersebut dikeluarkan singel Day By Day (하루하루). Seperti album-album sebelumnya, G-Dragon sangat terlibat dalam proses produksi Stand Up. Semua lagu di dalam album tersebut merupakan ciptaan G-Dragon, kecuali “A Good Man” yang diciptakan T.O.P.. Album mini Stand Up laris melampaui 100.000 kopi, sementara singel “Day By Day” menempati urutan teratas tangga-tangga lagu Korea Selatan selama 6 minggu berturut-turut.

Pada saat yang hampir bersamaan, Big Bang merilis lagu berbahasa Jepang, “Number 1″ dari album berjudul sama, Number 1, dan memperkenalkan lagu mereka di berbagai acara radio dan televisi di Jepang. Menjelang penutupan tahun 2008, Big Bang merilis album Korea, Remember yang menghasilkan singel 붉은노을 (“Sunset Glow”).

Perluasan karier: 2009

Big Bang beristirahat sementara pada awal 2009 untuk memberi kesempatan anggotanya melakukan karier solo. Mereka memproduksi lagu “Lollipop” bersama grup anak perempuan 2NE1 yang baru didirikan, dan tampil bersama dalam video musik untuk keperluan promosi.

Setelah sukses dengan “Lollipop”, Big Bang merilis singel Jepang berjudul “My Heaven” pada bulan Mei 2009. Lagu ini merupakan terjemahan bahasa Jepang dari lagu “Heaven” yang berasal dari EP Stand Up . Selain itu juga ada Let Me Hear Your Voice atau dalam bahasa Jepang adalah Koe Wo Kikasete , yang dinyanyikan dalam bahasa Jepang dan Inggris .

 

Anggota

G-Dragon

  • Nama asli: Kwon Ji Yong (권지용)
  • Tanggal lahir: 18 Agustus 1988 (umur 22)
  • Pendidikan: Seoul Korean Traditional Arts Middle & High School
  • Penampilan pertama: DaeHanMinGook Hip Hop Flex 2001
  • Posisi: Pemimpin, rapper, penulis lirik, pencipta lagu

Taeyang (SoL)

  • Nama panggung: Tae Yang, SoL
  • Nama kecil: YB Taekwon
  • Nama asli: Dong Young Bae (동영배
  • Tanggal lahir: 18 Mei 1988 (umur 22)
  • Penampilan pertama: YG Family 2nd Album 2002
  • Posisi: vokalis, koreografer

T.O.P

  • Nama asli: Choi Seung Hyun (최승현)
  • Tanggal Lahir: 4 November 1987 (umur 23)
  • Pendidikan: Seoul Art College (jurusan musik)
  • Posisi: rapper, beat boxer, pencipta lagu

Daesung (D-Lite)

  • Nama panggung : Dae Sung, D-Lite
  • Nama asli: Kang Dae Sung (강대성)
  • Tanggal lahir: 26 April 1989 (umur 21)
  • Pendidikan: Sekolah Menengah Atas KyeongIn
  • Posisi: Vokalis

Seungri (Victory)

  • Nama panggung: Seung Ri, V.I
  • Nama kecil: V & Victory
  • Nama asli: Lee Seung Hyun (이승현)
  • Tanggal lahir: 12 Desember 1990 (umur 20)
  • Posisi: vokalis, koreografer

Mantan anggota

SO-1

  • Nama asli: Jang Hyun Seung (장현승)
  • Tanggal lahir: 03 September 1989 (umur 21)

SO-1 tidak diikutsertakan lagi sejak episode ke-9 video dokumenter mereka.

 

Diskografi

Album

Album Korea

  • Volume 1: Since 2007 (21 Desember 2006)
  • Volume 2: Remember (5 November 2008)

Album Jepang

  • For The World: (4 Januari 2008)
  • Volume 1: Number 1 (22 Oktober 2008)
  • Volume 2: With You

Singel

Singel Korea

  1. “The First Single Album” (28 Agustus 2006)
  2. “Big Bang is V.I.P.” (28 September 2006)
  3. “B I G B A N G 0 3″ (21 November 2006)

Singel Jepang

  1. “My Heaven” (24 Juni 2009)
  2. “Gara Gara GO!” (8 Juli 2009)
  3. “Emotion” (Juli 2009)

Album dan singel solo

  1. Tae Yang: Hot (22 Mei 2008), album mini
  2. Dae Sung: – 날 봐 귀순 (19 Juni 2008), singel digital
  3. G-Dragon: – 나만 바라봐 Part 2 (30 Juni 2008), singel digital
  4. Dae Sung: – Big Hit!! (대박이야!!) (29 Januari 2009), singel digital
  5. Seung Ri: – Strong Baby

EP Korea (album mini)

  1. Always (16 Agustus 2007)
  2. Hot Issue (22 November 2007)
  3. Stand Up (8 Agustus 2008)
  1. Wah, Big Bang emang keren. lagu-lagunya enak banget, terutama yg Top of the World. hehe😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s