ARTI tanggal 14 di Setiap Bulan di Korea

Today is Valentine’s Day….!! Coklat, mawar, kado, dan pernak–pernik berwarna pink pasti ikut merayakannya. Sayangnya, seiring berakhirnya bulan Febuari, semua itu akan terlupakan. Segala sesuatu berangsur-angsur kembali seperti biasa seakan hari kasih sayang hanya ada saat Valentine’s Day. Berbeda dengan di Korea. Di sana hari ksaih sayang dirayakan sebulan sekali setiap tanggal 14, lho. Wah, total ada 12 perayaan donk. Keren ya?

 

Lalu, ada bedanya gak, sih perayaan Valentine’s Day di Korea?

Ada! Di sana, ceweklah yang memberi coklat buat cowok saat Valentine’s Day dan tidak sebaliknya! Jadi, cowok-cowok hanya tinggal menunggu datangnya coklat maupun hadiah.^^

Lho?! Enaq banget, donk jadi cowok!

 

Eits, jangan salah sangka dulu. Sebulan dari Valentine’s Day, tepatnya tanggal 14 Maret,ada yang namanya White Day. Inilah saatnya buat cowok untuk membalas dengan memberi permen atau hadiah-hadiah lainnya buat cewek. Ceritanya, sih gantian… jadi, cewek tinggal menunggu cowok beraksi saja. Waktunya buat cewek dimanjakan, donk. Tapi, cowok gak wajib memberi hadiah balasan bagi cewek yang sudah memberinya hadiah, meskipun sebenarnya hal ini lebih baik dilakukan. Di lain sisi, sah-sah aja, koq cowok memberikan hadiah untuk cewek yang mereka sukai, meskipun sang cewek gak memberikan apa-apa di Valentine’s Day.

Kalau yang tidak dapat apapun, gimana donk?

 

Ini uniknya anak-anak muda di Korea. Mereka yang tidak kebagian coklat, permen maupun hadiah di Valentine’s Day maupun White Day, akan membuat perayaan sendiri di Black Day pada tanggal 14 April. Di hari itu, mereka akan berkumpul bersama di rumah makan Cina dan menyantapjachangmyeon (sejenis mi dengan saus kental berwarna hitam). Saus hitamnya itu melambangkan Balck Day. Tapi jangan kira mereka akan bermuram durja dan menangis merana di Black Day, tapi justru sebaliknya. Mereka, para jomblo, bersenang-senang menghabiskan waktubersama dengan gembira.

Seru juga! Tapi ini baru 3 perayaan. Yang 9 hari lainnya? Nama 9 perayaan lainnya disesuaikan dengan hadiah atau peristiwa khusus untuk hari itu.

 

Selengkapnya, coba lihat datar dibawah ini, deh.

14 Januari Diary Day (saling bertukar buku diari seiring pergantian tahun)

14 Febuari Valentine’s Day (cewek memberikan coklat ke cowok)

14 Maret White Day (cowok memberikan coklat ke cewek)

14 April Black Day (para jomblo yang tidak mendapatkan apapun di V-Day dan White Day berkumpul bersama menyantap jachangmyeon, mi dengan saus hitam kental)

14 Mei Yellow & Rose Day (saling memberi boneka beruang dan bunga)

14 Juni Kiss Day (yang sudah memiliki pasangan saling berciuman mesra, tetapi belum pernah dilakukan di depan umum:P)

14 Juli Silver Day (saling memberi cincin perk sebagai tanda cinta)

14 Agustus Green Day (minum soju – botolnya berwarna hijau – bersama-sama)

14 September Music & Photo Day (saling memberi kaset atau cd musik, lalu berfoto bersama)

14 Oktober Wine Day (dengan segelas wine dalam suasana romantis)

14 November Orange Day & Movie Day (pergi menonton film bersama terutama film romantis)

14 Desember Hug Day (berpelukaaaann~~~)

 

Jadi, sepanjang tahun penuh kasih sayang donk? Ya, benar sekali. Hal ini sekaligus mengingatkan bahwa cinta dan kasih sayang tidak hanya diluahkan dalam sehari saja setiaja n sapap tahunnya, melainkan harus setiap hari! Bahkan kalau bisa, setiap jam, menit, dan detik dilalui dengan penuh cintakasih. Satu hal yang perlu diketahui, semua perayaan ini tidak terbatas untuk kalangan muda dan para pasangan saja. Semua orang bisa merayakannya dengan siapapun yang dekat di hati, seperti keluarga dan sahabat. Dengan perayaan setiap tanggal 14 ini, otomatis curahan perhatianpada orang yang kita sayangi takkan pernah terlewatkan, apa lagi terlupakan. Jika dunia ini penuh dengan cinta dan kasih sayang, tentunya semua bisa hidup dalam damai^^.

 

“Love, all alike, no season knows nor clime. Nor hour, days, month, which are the rags of time”

    • naini
    • Februari 25th, 2011

    waaahh…jd tambah pengen ke korea nih ^^ banyak sekali budayanya yg unik, meskipun di negara sendiri jauh lebih unik..makasih infonya ^^

  1. September 26th, 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s