Belajar Hangul….!!!

1. Abjad Huruf Korea (Han-gul)

Nama resmi huruf korea adalah Han-gul. Han-gul diciptakan oleh Raja Agung Sejong, raja keempat kerajaan Joseon pada tahun 1443. Sebelum diciptakannya Han-gul, pernah ada sistem abjad Korea yang disebut “I-du”. Akan tetapi sistem ini tidak begitu sistematis kalau dibandingkan dengan Han-gul. Sejak tahun 1948, pemerintah Republik Korea menetapkan pemakaian Han-gul dalam dokumen-dokumen resmi dan buku-buku pelajaran.

Abjad huruf Korea adalah 24 buah, yaitu 10 vokal dan 14 konsonan.

Vokal : ᅡ ᅣ ᅥ ᅧ ᅩ ᅭ ᅮ ᅲ ᅳ ᅵ

Konsonan : ᆨ ᆫ ᆮ ᆯ ᆷ ᆸ ᆺ ᆼ ᆽᄎ ᆿ ᇀ ᇁ ᇂ

Bahasa Korea membentuk satu suku kata dengan “konsonan + vokal” atau “konsonan + vokal + konsonan final”. Dengan lain perkataan, konsonan atau vokalnya sendiri tidak boleh berbunyi.

 

2. Cara dan Susunan Menulis Huruf Korea

Cara menulisnya dimulai dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah.

 

2.1 Vokal

아 (a)         : ᆼ 이 아              seperti ayah

야 (ya)      : ᄋ 이 아 야         seperti ayah

어 (eo)      : ᄋᄋ 어               seperti sun (Inggris)

여 (yeo)    : ᄋ 여                   seperti shuttle (Inggris)

오 (o)         : ᄋ ᄋ 오              seperti orang

요 (yo)      : ᄋ ᄋ 요              seperti gotong royong

우 (u)         : ᄋ 으 우              seperti susu

유 (yu)      : ᄋ 으 우 유         seperti kayu

으 (e)         : ᄋ 으                   seperti sepeda

이 (i)          : ᄋ 이                   seperti gigi

 

2.2 Konsonan

ᄀ (k,g)      :     가 (ga)          고 (go)

ᆫ (n)         :     나 (na)         누 (nu)

ᄃ (t,d)      :     다 (da)         더 (deo)

* Untuk suku kata yang menggunakan vokal ᅡ ᅣ ᅥ ᅧ ᅵ gabungan konsonan dan vokal dilakukan secara berderet.

Contoh : 나 냐 너 녀 니

Untuk suku kata yang menggunakan vokal, ᅩ ᅭ ᅮ ᅲ ᅳ gabungan konsonan dan vokal dilakukan secara bersusun.

Contoh : 도 됴 두 듀 드

ᄅ(l,r)         :     라 (ra)          리 (ri)

ᄆ (m)       :     마 (ma)        모 (mo)

ᄇ (p,b)     :     바 (ba)         보 (bo)

* Kalau ᄅ dipakai sebagai konsonan final, ‘ᄅ’ berbunyi (l).

Contoh : 길(gil) jalan, bukan (gir)

ᄉ (s,sh)    :     사 (sa)          수 (su)

ᄋ (ng)       :     강 (gang)     공 (gong)

ᆽ (ja)       :     자 (ja)          저 (jeo)

ᄎ (ch)       :     차 (cha)       초 (cho)

* Kalau ‘ᄋ’ terletak di depan atau di atas satu suku kata, bunyi (ng)nya lebar.

Contoh : 강 (gang) sungai

육 (yuk) enam              bukan (nyuk)

아 (a) Ah!                      bukan (nga)

ᄏ(kh)       :     카 (kha)       코 (kho)

ᄐ (th)       :     타 (tha)        토 (tho)

ᄑ(ph)       :     파 (pha)       피 (phi)

ᄒ(h)          :     하 (ha)         후 (hu)

 

2.3 Konsonan Ganda (Tegangan)

ᄁ (k)         까 (ka)         seperti kulit

ᄄ (t)          따 (ta)          seperti tanah

ᄈ (p)         빠 (pa)         seperti pasar

ᄊ (ss)        싸 (ssa)        lebih tegang daripada (s) dalam sarang

ᄍ (c)         짜 (ca)          seperti mencari

 

2.4 Gabungan Vokal

애 (ae)       : 아 애                   seperti cap (Inggris)

얘 (yae)    : 아 야 얘

에 (e)         : 어 에                   seperti ejaan

예 (ye)       : 어 여예              seperti yes (Inggris)

외 (oe)       : 오 외                  seperti o dalam bahasa Jerman

와 (wa)      : 오 외 와             seperti warung

왜 (wae)    : 오 외 와 왜

워 (wo)      : 으 우 워             seperti walk (Inggris)

웨 (we)      : 으 우 워 웨        seperti wesel

위 (wi)       : 으 우 위             seperti u dalam bahasa Perancis

의 (ci)        : 으 의

 

2.5 Cara Membaca Konsonan Final

2.5.1      Kalau konsonan ᄃ,ᄉ,ᄊ,ᄌ,ᄎ,ᄒ dipakai sebagai konsonan final, semua konsonan ini berbunyi (t).

Contoh : 맞 (mat)                  겠 (get)                  및(bit)

2.5.2      Konsonan lainnya berbunyi nilai bunyi yang asli.

Contoh :각 (gam)                  상 (sang)               술 (sul)

2.5.3      Konsonan final diikuti konsonan ‘ᄋ’ cara membacanya dilakukan seperti ‘liaison’ dalam bahasa Perancis.

Contoh : 밤 (bab)                         밤을 (ba-bē)

당신 (dangsin)              당신이 (dang-si-ni)

 

3. Struktur Kalimat

Kalimat bahasa Korea bisa dibagi dalam : bagian pokok kalimat dan bagian predikat.

이  것  은                                                             책  이  다

Bagian pokok kalimat                                  Bagian predikat

이것…………………. ini                                 (kata ganti petunjuk)

은…………………….. tidak berarti            (kata bantu subjek)

책…………………….. buku                           (nominal)

이다 ………………… adalah                         (verba penghubung, kopula)

 

 

Belajar lbh dalam lg yuk….

BAHASA SLANG dalam KOREA

SUTCA / 숫자 (ANGKA)

Musim dan WaktuPosisi, Arah, dan Mata Angin

Daneo / 단어 (KOSAKATA)

Kata Ganti Orang & Nama Anggota Keluarga

Batchim / 받침 (Konsonan Akhir)

Bentukㄹ yang tidak beraturan.( ㄹ irregular verb )

Perbedaan antara Formal & Informal Hangul

Kata Go Saenggak Hae 고 생각해 (saya pikir)

MENGENAL KATA 어떻게 ( eotteoke )

Belajar bahasa : 고마워 ( gomaweo )

Bentuk Hormat dalam Bahasa Korea

MENGENAL KALIMAT DALAM BAHASA KOREA I

Kata : “주세요” [\”Juseyo\”]

  1. thanks infonya..😀

  2. saya agak bingung ,karna pa maksud dari ======= ,penjelasan dan cara penulisanya kurang saya mengerti

  3. rumit bangett,,, gak ngerti,,, tapi kalo ke Korea nya sih mau aja……

    • 와히두딘
    • Januari 19th, 2012

    Di perbnyk dong 단어nya, masih pemula sih…

    • awy
    • Januari 25th, 2012

    aduuhh..
    bingung saia !!
    soal’a hurufnya kdg bediri, kdg tdor !!
    kok bsa gtu ya????

  4. sangat membantu kk. 고마워요

  5. lumayan rumitt iia😦 tapii fighting

    • vita
    • Juni 20th, 2012

    aku udah ngafalin semua hurufnya tapi aku bingung saat penyusunannya ??😦

    • Lala
    • Juni 20th, 2012

    ehhehehe thanks kak, yang bagian atas2nya aku masih konek, mulai kebawah2 selain agak males baca juga agak rumit, >.< but thanks ya! usefull !😀

    • shinta_ELFindo
    • Juni 23rd, 2012

    WAW… keren!!! siapapun kamu, kamu pasti sangat pintar dalam berbahasa korea
    KEREN KEREN KEREN😀

    • zizySiwonest.ELF
    • Juli 22nd, 2012

    wawwwwwwww daebak… gomawo buat infonya chingu aku udh agak ngerti tntg hangul!! gomawo bnget

  6. AQW MASIH BELUM NGERTY

  7. keren banget🙂 walaupun aku masih belum mengerti😦

  8. mohon maaf dari poin 2.5 di atas tolong jelaskan cara membaca dari kata ini :

    각 (gam)

    kenapa di baca gam ??? sedangkan di sana G + A + G/K

  9. di tambah lagi dong yang materi bachdim..
    contoh’a yang sperti ini 없,싫 2 huruf sekaligus ada di bawah trus cara baca’a gimana?
    ada lagi jika ada 몰라 r yang bertemu r seperti kata di samping akan menjadi ll ..
    karena materi itu sya masih kurang tahu..
    terimakasih,,

    • Mutia
    • Agustus 19th, 2013

    untuk 2.4 gabungan vokal masih kurang mengerti bisa di jelaskan?

    • 은민
    • Oktober 23rd, 2013

    cute blog.. kamu kreatif…

  10. aku pusing belajarnya-_-

    • oh soo jung
    • Juli 24th, 2014

    gamsahamnida🙂

    • Tiara Kpopers
    • September 12th, 2014

    Thanks infonya, sangat membantu

    • Kim Sungin
    • Desember 28th, 2014

    baguss, tapi kok “g” dibawah dibaca “m” apakah emang gitu? setauku nggak soal nyaa… tapi aku belum pro sih😀 sorry ya bisa nya cuman ngekritik😀 gomawoo.. membantu sekaliii😀
    no bash me🙂

    • Indri
    • April 1st, 2016

    Neomu joha

    • 샤키라
    • Mei 31st, 2016

    더박

    • imregulus
    • Juli 29th, 2016

    mau tanya dong chingu. bagaimana kita bisa membedakan untuk memakai huruf konsonan ᄃ,ᄉ,ᄊ,ᄌ,ᄎ,ᄒ yg mana, sbg konsonan final pada sebuah kata ? apakah ada kriteria khusus ? soalnya contoh yg chingu kasih semuanya berakhiran t tapi huruf yg digunakan berbeda. mohon bimbingannya. 감사함니다 🙂

    • Tia
    • September 20th, 2016

    pengen belajar tapi masih bingung

  1. Maret 29th, 2015
    Trackback from : Hangul Korea | Alya Samira

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s