Ungkapan salam dlm Bahasa KOREA

I. Saat berjumpa ( 만났을 때 )

-안녕하십니까 ( Annyeong hasimnika ) atau lebih akrab -안녕하세요 ( Annyeong haseyo ). Salam ini bisa digunakan untuk menyatakan “selamat, baik pagi, siang, sore ataupun malam”, dan diucapkan di awal perjumpaan pada hari itu. Satu hari cukup sekali saja.untuk teman sejawat atau ke yang lebih rendah bisa hanya dikatakan “ Anyeong”, namun kalau tidak akrab benar tetap digunakan “안녕하세요  ( Annyeong haseyo )”.

-처음 뵙습니다 (cheo eum boepsemnida ) bisa dimaknai ” apa kabar”

-만나서 반갑습니다 ( mannaseo bangapseumnida) atau 만나서 반가워요 ( mannaseo bangaweoyo ).

 

II. Saat jumpa setelah lama tidak bertemu ( 오랜만이 만날 때 )

– 오래만이에요 ( oraemaniyeyo ) ” lama tidak berjumpa anda “

– 잘 지내셨어요 ( jal jinae syeosseoyo ) menanyakan kabar ” baik2 saja kan..? karena yang diinginkan jawaban ” 잘 지내요 ( jal jinaeyo )” yaitu baik-baik saja.

 

III. Bertemu waktu pagi hari ( 아침 만났을 때 )

-안녕히 주무셨습니까 ( Annyeonghi Jumusyeotseumnikka ) ? ungkapan ” apakah tidur anda  nyenyak..?” ini merupakan pernyataan selamat pagi.

-좋은 아침이에요 ( joheun achimieyo ) ” selamat pagi “.

 

IV . Salam waktu malam ( 밤에 인사 )

– 안녕히 주무세요 ( Annyeonghi jumuseyo ) adalah ucapan” selamat tidur”.sedangkan bila  diucapkan kepada teman atau seorang yang akrab bisa dengan : – 잘자 ( jalja ) atau 좋은 꿈꿔 ( Joheun kkum kweo ), keduanya juga ungkapan selamat tidur.

 

V. Salam waktu berpisah ( 헤어질때 인사) :

– 안녕히 가세요 ( Annyeonghi Kaseyo ) ” Selamat jalan “, diucapkan untuk yang akan pergi.

– 안녕히 게세요 ( Annyeonghi Kyeseyo ) ” Selamat tinggal ” orang yang akan pergi kepada orang yang ditinggal.

– 또 뵙겠습니다 ( ddo bwepkessemnida ) atau ” Sampai jumpa lagi “. Atau yang lebih familiar boleh pakai 또 만나요 ( ddo mannayo ) .

 

VI. Salam waktu keluar rumah ( 외출 할때 )

– 다녀 오겠습니다 ( Danyeo ogessemnida ) ini adalah ungkapan untuk berpamitan. Atau informalnya bisa 갔다 울게요 ( katda ulgeyo ).

– 다녀 왔습니다 ( Danyeo wasemnida ) adalah ucapan ketika sampai dirumah. sedang yang di pamiti biasanya mengatakan :

– 다녀 오세요 ( Danyeo oseyo ) atau 잘 갔다 왔어요 ( jal katda wasseyo ).

 

7. Ucapan waktu makan ( 식사할 때 )

Saat kita makan di warung Korea atau di Dapur umum ( sikdang ) biasanya

ada ucapan-ucapan seperti ini :

-맛있게 드세요 ( masitge deuseyo ) ” selamat menikmati ” .

– 잘 먹겠습니다 ( jal meokgessseumnida ) ” terima kasih “. diucapkan untuk menyampaikan terima kasih sebelum makan, yang arti sebenarnya ” saya akan makan dengan nikmat “. namun bila ucapannya setelah makan, maka menggunakan  istilah : 잘먹었습니다 ( jalmeogeossseumnida ) arti yang terkandung sama, yaitu  ” terima kasih ” .

-Ketika kita makan, lalu ada orang lain datang, ucapannya adalah ” 식사 하세요 ” ( siksa haseyo )  artinya silahkan makan, dan biasanya jawabannya adalah : 많이 드세요( manhi deuseyo )  ” makalah dengan banyak “.

 

8. Saat  memberi ucapan selamat ( 축하할 때 )

Sebenarnya banyak ucapan selamat dalam bahasa Korea, ucapan itu semua menggunakan kata …..축하 드립니다( chukha deurimnida ) atau  축하 합니다 (  chukha hamnida ) ” Selamat….. ”  misalnya “ 생일 축하 합니다 ( saengil chukha hamnida ) selamat ulang tahun . 결혼 축하드려요 ( gyeolhon chukha deuriyeoyo ) ” selamat menikah ” dan masih banyak yang lain seseuai dengan situasinya. Untuk yang mau lebaran, bisa juga diucapkan ” 단식 축제 일 축하 합니다 ( dansik chukje il chukha hamnida ) ” selamat hari lebaran “.

 

9. Mengucapkan terima kasih ( 감사할 때 )

Uucapan untuk menyampaikan rasa terima kasih adalah  감사합니다( gamsahamnida ) ” terima kasih ” bisa juga 고맙습니 ( gomapseumnida ) atau bisa lebih informal 고마워요 ( gomawoyo ). Kalau dengan teman sendiri atau yang lebih sedikit usianya bisa 고마워 ( gomaweo ) atau cukup 고맙다 ( gomapda ) .

 

10. Ucapan  meminta maaf ( 사과할 때 )

Sedangkan bila kita melakukan kesalahan atau merasa perlu untuk meminta maaf diucapkan -죄송합니다 ( joesonghamnida ) atau 미안합니다 ( mianhamnida ) , sedang informalnya bisa cukup  미안해 (  mianhae ) .Untuk menjawabnya digunakan kata 괜찬습니다 ( gwaenchanseumnida )  ” Tidak apa-apa ” atau cukup 괜찬아.. ( gwaenchana. ) untuk informalnya.

 

11. Ucapan  saat tahun baru ( 새해 인사 )

-새해복 많이 바드세요( saehaebok manhi badeuseyo ) ” selamat tahun baru ” dari artinya ” semoga engkau mendapatkan banyak kebahagiaan ditahun baru “. ini biasa diucapkan waktu tahun baru 1 januari atau tahun baru imlek. Sedang orang yang lebih  tua mengucapkan “ 새해복 많이 받아..( saehaebok manhi bada ) kepada yang lebih muda sebagai jawabnya.

 

12. Ucapan Akhir pekan ( 주말 인사 )

Saat akhir pekan kita sering ingin menyampaikan ucapan dalam bahasa Korea, maka bisa disampaikan : 주말 잘 지내세요( jumal jal jinaeseyo ) atau -좋은 주말 보내세요. ( joheun jumal bonaeseyo ) ” selamat akhir pekan”.

 

13. Ucapan ketika di Toko ( 가게에 있을 때 )

Ucapan ini biasa kita dengar kalau kita berbelanja di toko, maka penjualnya biasa mengucapkan – 어서 오세요 ( eoseo oseyo ) ” selamat datang ” kemudian mengucapkan “ 뭘 도와 드릴까요 ( mwol dowa deurilkkayo ) ” apa yang bisa saya bantu ” . Kemudian kitamenyampaikan kebutuhan apa yang mau kita beli. Dan untuk menyampaikan terima kasih bisa disampaikan dengan -많이 파세요 ( manhi paseyo ) artinya sebenarnya “menjual lah yang banyak ” atau juga 수고하세요. (sugo haseyo ) maksudnya terima kasih dan selamat bekerja dengan baik.

    • lee hyo ra 2SG1
    • April 12th, 2011

    thanks atas plajarannya..^.^

  1. sama-sama chingu ^^

    • kathy
    • Juni 6th, 2011

    wah baru nemu nih wordpressnya,,,kebetulan saya hobby banget ntn serial korea terutama saeguk,,,

    gumawo ^^

    • mufita
    • Oktober 19th, 2011

    thanks y…sgt membantu….

    • strawberry
    • Desember 9th, 2011

    bgaimana mau mmbalas ucapan terima kasihnya itu??

    gomaweo!🙂

    • YIYIN
    • Desember 9th, 2011

    gomaweo!!
    Sngt brmnfaat

  2. gamsahamnida…….

    • Megaa Archuleta
    • Januari 30th, 2012

    kamsahamnida😀

    • fifia
    • April 18th, 2012

    gomawo ^-^

  3. mantap

  4. aku msh bingung ! #hheeee

    • eriksen
    • Juni 7th, 2012

    makasih bnyak gAn……aku ingin kenal lebih bnyak lage..!!!!!!heheheh

  5. Gomawo..^^

  6. saranghae kibum ,,,ok semua siip ya

  7. guys cara nulis end bca tulisan hangul itu gmna sih bgg bgt so thnks bgt udah mw berbagi

    • fazriah azmi
    • Agustus 11th, 2012

    kamsahamnida oppa

    • Im Lee Na
    • Agustus 23rd, 2012

    Gamsahamnida ya Oppa… itu smua sngt membantu q bljr bhs Korea looh. Seneng bngt deh.

    • Sung Ji Sub
    • Oktober 10th, 2012

    thank you very much..
    km udh ngebantuin aku buat skripsi terakhir ku..😉

    • feby
    • Oktober 15th, 2012

    Annyeong chingu.. mw nanya, artinya “dangsin i nae gong yeon eulbogonayo?” itu apa ya? gamsahamnida ^^

    • ALFINA RAMADHINI
    • Oktober 28th, 2012

    minppa :*

  8. GamaWo..🙂

  9. bermanfaat bnget bgiku🙂

    • aiiu
    • Januari 2nd, 2013

    gamshamnida ^^
    atas pelajaranya bermanfaat bgt lho,,!

    • Fahmi
    • Januari 6th, 2013

    Kamsahamnida , pelajarannya sangat membantu dan bermanfaat

  10. kamsahamnida pelajaran ini sangat bermanfaat untukku… =D

    • elyndha
    • Maret 13th, 2013

    shiipz ..
    gue pngen bsa basa korea ..

    • yeshinta
    • Maret 16th, 2013

    gomawo, bermanfaat bgt!! ^^

    • iksan
    • Maret 28th, 2013

    gomawo for info

    • poetrie
    • Maret 30th, 2013

    thank’s

    • Han Seowoo
    • April 3rd, 2013

    Ini sangat membantu., jadi nambah deh kosa katanya.,
    고마워🙂

  11. sarang hago sipo bhasa indonesianya apa ya

  12. Kok kurang lngkap sih

  13. jigeum naneun haengbokhae …. naneun hangugorul baeunda… gomawo oppa

  14. gomawo oppa🙂

    • ANIS
    • Juni 2nd, 2013

    GOMAWO…

    • mharthins wanara seta
    • Juli 5th, 2013

    Kamshamnida…

  15. Gamsahamnida

    • belle
    • Juli 14th, 2013

    Annyeong haseyo chingu. Aku mau bertanya,
    1. Apa arti dari kata imnida, hamnida, kenapa selalu digunakan hampir disetiap kalimat yg aku temui.
    2. Apakah penulisan resmi romanisasi korea itu sesuai dengan bunyi nya, atau tidak.
    Ex: Hamnida (yg beredar) > habnida (bunyi baca) > 합니다 (hangulnya). Kamsahamnida (yg beredar) > gamsahabnida (bunyi baca) > 감사합니더 (hangulnya).

    Terimakasih. Semoga dimengerti ^^

  16. syukron katsiron…🙂

  17. makasih eonnie🙂 postingannya sangat membantu saya memahami bahasa korea^^

    • ryna
    • Agustus 2nd, 2013

    gomawo unnie (:

  18. Gamsahamnida ^_^
    thank’s ya Oppa,
    udah mw brbagi😀

  19. gamsahamnida Oppa,😉
    Thank you very very much,,😀

  20. gumawoo~:)

  21. akh mau doNk blajar b.korea
    kayakny asyik jg :d”

  22. akh kngen bnget mha”DWI F.R….
    Smoga..kmi brtmu ag

    • yunita sitepu
    • September 13th, 2013

    saya senang belajar bahasa korea, sangat menarik

  23. q sangat suka dengan semua hal yg berbau korea

    • Erry
    • Desember 15th, 2013

    감사합니다….

    • mia
    • Desember 30th, 2013

    gumawo^^

  24. uwaa,,,
    Jeongmal gamsahamnida!! ^o^!!

    • dani samarinda
    • Januari 31st, 2014

    Annyeong hasimnika

    • Ainaa Nadzirah
    • Februari 2nd, 2014

    Best ! Nk tahu lebih banyak lagi

  25. gamshahamnida

  26. Gamsahamnida , ni buat tambahan ilmu ni pa lagi kalo k’korea. Amiin😀

  27. Gomawo chingu…sgt membantu ni wat bljr bhs korea, secara w da fall in love dgn korea n jd pengen prg lg n bs komunikasi lsg ^^

  28. akhirnya… bisa belajar bahasa kore juga,

    • Rona Rosita
    • Februari 25th, 2014

    gumawoyo,,,

    • lili wati (can )
    • Maret 18th, 2014

    wow semua suka enggak sama korea ….. pasti kalian suka song ….. apa lagi sama snsd kalau kalian suka balas ya …plies

    • iqliyah
    • Maret 21st, 2014

    gomapda, bermanfa’at banget pelajarannya🙂

    • Eka aryana syavira rahman
    • April 5th, 2014

    annyeong haseyo #selamat pagi semua #

    • patrisia
    • April 29th, 2014

    GOMAWO🙂

    • siti maryam
    • Juni 11th, 2014

    gamshahamnida for all

  29. gomawo,,,,,, post nya bermanfaat banget

    • rifa
    • Agustus 19th, 2014

    terima kasih atas pelajaranya

  30. terima kasih sangat bermanfaat sekali ^^

    • ainun sahra
    • September 10th, 2014

    kenapa sih semua bahasa korea itu menggunakan kata (samnida dan seyo) gak ada bahasa lain ya selain kata itu

    • izmi ainul huda
    • September 10th, 2014

    terimah kasih atas pelajarannya karna sangat bermanfaat

  31. saya paling suka bhs korea tapi saya selalu tak bisa…..

  32. saya suka sama bahasa korea gomawo

    • toni
    • November 19th, 2014

    안녕하세요…..

    • milla rohmatul .f
    • November 30th, 2014

    terimaksih infonya ini sangat membantu karnasaya ingin blajar memberi ucapan selamat dlm bhs.korea

  33. gomawo admin, izin copas….

  34. Thank you verry muck to all of you…i want too… know korea lengauage

    • tasha fardila
    • Mei 14th, 2015

    Terima kasih ! Saya amat menghargainya ! Infonya sungguh lengkap ! ^_^

    • shinn hee rin
    • September 13th, 2015

    kibuni choayo
    gomawo

  35. Kamsahamnida 🙂
    sangat bermanfaat…

    • irvan
    • April 30th, 2016

    thanks…
    sangt mmbantu…

    • Nova
    • Juli 1st, 2016

    Klo selamat berlibur apa koreanya 😊

  36. 알았어요, 고맙습니다..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s