Mengenal Alfabet Korea (Hangeul 한 글)

Alfabet korea Hangeul 한 글 ternyata simple hanya 24 abjad(sebenarnya lebih tapi sudah tidak terpakai) terdiri dari 14 konsonan dasar dan 10 vokal dasar. Konsonan dan vokal ini disusun menjadi suku kata dalam bentuk balok. Hangeul 한 글 diciptakan pada pertengahan abad 15 (kurang lebih 1440). Namun karena tradisi sistem pendidikan masih menggunakan bahasa china klasik sampai tahun 1945 dimana Hangeul 한 글 sudah banyak digunakan.

Jamo

Jamo (자모) yaitu unit yang membentuk abjad Hangeul 한 글. Ja berarti huruf atau karakter, dan mo berarti ibu. Dengan kata lain jamo sebagai pembentuk tulisan Hangeul. Tiap huruf mempunyai nama dan bunyi sendiri (seperti huruf hijaiyah).

Konsonan
ㄱ (G) giyeok (기역), atau kiŭk (기윽) di Korea Utara
ㄴ (N) nieun/niŭn (니은)
ㄷ (D) digeut (디귿), atau tiŭt (디읃) di Korea Utara
ㄹ (R,L) rieul/riŭl (리을)
ㅁ (M) mieum/miŭm (미음)
ㅂ (B) bieup/piŭp (비읍)
ㅅ (S) siot (시옷), atau siŭt (시읏) di Korea Utara
ㅇ (NG, – )ieung/iŭng (이응)
ㅈ (J) jieut/chiŭt (지읒)
ㅊ (CH) chieut/ch’iŭt (치읓)
ㅋ (K) kieuk/k’iŭk (키읔)
ㅌ (T) tieut/t’iŭt (티읕)
ㅍ (P) pieup/p’iŭp (피읖)
ㅎ (H) hieut/hiŭt (히읗)

Dobel jamo – Korea Selatan – Korea Utara
ㄲ   (KK)    ssanggiyeok (쌍기역)   –   toen’giŭk (된기윽)
ㄸ   (TT)    ssangdigeut (쌍디귿)   –   toendiŭt (된디읃)
ㅃ   (BB)    ssangbieup (쌍비읍)    –   toenbiŭp (된비읍)
ㅆ   (SS)    ssangsiot (쌍시옷)     –   toensiŭt (된시읏)
ㅉ   (JJ)    ssangjieut (쌍지읒)    –   toenjiŭt (된지읒)

Vokal dasar
ㅏ   a (아)
ㅑ   ya (야)
ㅓ   eo (어)
ㅕ   yeo (여)
ㅗ   o (오)
ㅛ   yo (요)
ㅜ   u (우)
ㅠ   yu (유)
ㅡ   eu (으)
ㅣ   i (이)

Vokal tambahan
ㅐ   ae (애)
ㅒ   yae (얘)
ㅔ   e (에)
ㅖ   ye (예)
ㅚ   oe (외)
ㅙ   wae (왜)
ㅘ   wa (와)
ㅟ   wi (위)
ㅝ   wo (워)
ㅢ   ui (의)
ㅞ   we (웨)

 

Penempatan Jamo

 

Posisi peletakan tiap huruf pada sukukata tergantung dengan tipe konsonan dan vokal apakah horisontal atau vertikal.

Contoh :
Bahasa Korea 한 글  (Han geul)
Korea 하욱 (Han gug)
Ya 네 (ne) atau 예 (ye)
Tidak 아 니 오 (a ni o)
1, 2, 3 하나 둘 셋 (ha na, dul, ses) atau 일 이 삼 (il, i, sam)

    • dini
    • Mei 6th, 2011

    annyeong…. chingu… bleh minta penjelasan lebih rinci ttg dobel jamo gk??? soalnya dobel jamo yang di tunjukin cma ㅆ

    • ㄲ (KK) ssanggiyeok (쌍기역)
      ssang gi-yeok artinya koki (klo “g” dibaca “k”)
      kata seharusnya adalah “ssang ggi-yeok” tp karna sebelumnya sdh ada double “ss” jd kata yg kedua di singkat
      dr “ssang ggi-yeok” mjd “ssang gi-yeok”
      lainnya jg sama
      “ssang ddi-geut” mjd “ssang di-geut”
      “ssang bbieup” mjd “ssang bi-eup”

    • dini
    • Mei 6th, 2011

    annyeong again…. chingu mau tanya lagi nihhh maksud Vv and Vh di penempatan jamo apa ya??? harap balasannya… gomapta

    • C = konsonan, Vh = vokal horisontal, Vv = vokal vertikal
      klo masuk Vh apa Vv itu tergantung ma huruf setelah konsonan
      (lihat vokal dasar & vokal tambahan)
      co:
      ㅏ “a” tu masuk ke Vv
      sedangkan
      ㅗ “o” masuk ke Vh

        • dini
        • Mei 8th, 2011

        mian nanya lagi boleh???
        kalo misalkan huruf ㅚ”oe” ini masuknya ke vokal horizontal atau vertikal???
        balasan coment yang sebelumnya gomawo aku jdi ngerti skrg… ^_^

      • kalo ㅚ “oe” tu berada di depan kata termasuk Vv
        ㅚ “oe” tu berada di belakang kata termasuk Vh
        setahu saya ㅚ “oe” tu jarang ditemukan dlm kata, yg plg sering ㅓ “eo”

    • kartika
    • November 6th, 2011

    minta info tntang korea ???????????????/

    • info Korea ttg apa chingu?
      negara/makanan/style…
      ada sih beberapa tp blm tau mo yg mana duluan

    • violet
    • November 11th, 2011

    bisa minta tolong ga? kelompok2 huruf vokal yang horizontal (vh) dan vertikal (Vv) itu apa aja??, dan seperti yang dicontohkan klo vokal ㅚ”oe” itu bisa vertikal dan horizontal,, apakah ada vokal lain yang bisa di taro horizontal dan vertikal?

  1. halo…
    kalo vokal tambahan itu d keyboard letak,y dimana ya..????

      • Jungguk
      • Juli 8th, 2013

      Untuk keyboard.

      Q : ㅂ”b” (dibaca : biye)
      W : ㅈ”J” (dibaca : jiyet)
      E : ㄷ “D” (dibaca : diget)
      R : ㄱ “G” (dibaca : giyot)
      T : ㅅ “S” (dibaca : siyot)

      Y : ㅛ “yo” (dibaca : yo’) *di baca sedikit di tekan, tapi jangan sampai terdengar “yok”*

      U : ㅕ”yeo” (dibaca : yao’)

      I : ㅑ “ya” (dibaca : ya) *dibaca sedikit desah, tapi jangan sampai terdengar “yah”*
      O : ㅐ “ae” (dibaca : eh)

      P : ㅔ”E” (dibaca : e) *seperti alfabet “E”, seperti kata “Empang” (gak empang juga kali ._.)*

      A : ㅁ”M” (dibaca : miem)
      S : ㄴ”n” (dibaca : nien) *E nya di baca seperti “Endapan” bkn “Empang” :3*

      D : ㅇ

      F : ㄹ”L” (dibaca : tiele) *INGAT–!! BUKAN TELE AYAM :v*

      G : ㅎ”H” (dibaca : hiet)
      H : ㅗ “o” (dibaca : uwo)
      J : ㅓ”eo” (dibaca : o)
      K : ㅏ”a” (dibaca : a)
      L : ㅣ”i” (dibaca : i)
      Z : ㅋ”k” (dibaca : kiye)
      X : ㅌ”t” (dibaca : tiyet)

      C : ㅊ”ch” (dibaca : ciet) *INGAT–!! BUKAN MENCIUT #sedeng*

      V : ㅍ”p” (dibaca : piye/pye)
      B : ㅠ “yu” (dibaca : yuk) *Yuk mari #Abaikan*
      N : ㅜ “u” (dibaca : u)
      M : ㅡ “eu (dibaca : ek) *kayak orang sedawa*

      • Wah makasih :*
        aku jd bisa ngapalin yg di keyboard :D

    • may
    • Januari 2nd, 2012

    gamsahamnida,jd tmbh smart bljar b.koreanya^^

  2. kalo nama ghina nufa pake bakor gimana??

      • Jungguk
      • Juli 8th, 2013

      Nama korea mu itu : Shin Neul Neul.
      Nah, kamu tiggal cari saja, huruf hanguel nya :)

    • resty
    • Februari 21st, 2012

    ada ga software yang bisa di download ?

    • ilham ikhsan udin
    • Maret 11th, 2012

    halo.nama saya ilham

    • rina
    • April 5th, 2012

    annyeonseo nan rina dewi mida…
    mau nanyak klw nulis melalui komputer susah ngk oppa

    • W¡nda
    • Mei 3rd, 2012

    ssah amat s¡ch ..!
    bljr bhsa korea..
    hansa hamn¡da..

    • ladiezz123
    • Juni 3rd, 2012

    chingu, bagi info makanan favorite orang korea donk… gomapda..^^

    • shin sung young
    • Juni 3rd, 2012

    chingu, bagi info makanan favorite orang korea donk… gomapda..^^

    • shin sung young
    • Juni 3rd, 2012

    chingu, kok susah yaa kalo mau nyusun kalimat dalam bahasa korea.. soalx bxak bgts huruf sambungx… dan sulit juga cara membedakanx… tolong penjelasanx yaa… gamsahaeyo…:D

  3. wah itu susah yang nyambung aq gak mudeng

  4. aku suka korea,,,I LOVE KOREA

      • hanako yuda lim cay yun
      • Juli 1st, 2012

      ye…gamsahamnida

  5. annyeong-haseyo…

      • hanako yuda lim cay yun
      • Juli 1st, 2012

      ye..

  6. annyeong haseyo. blh nggak minta hangeul alphabet dari a-z? gamsahamnida ^^

      • hanako yuda lim cay yun
      • Juli 1st, 2012

      boleh sini q ajarin bhz.korea…..

      • ada no hp yang bisa dihubngi gx..katanya mau ngajarin saya mau ke korea tapi gx bisa bahasa sana…tolong yAA

    • hanako yuda lim cay yun
    • Juli 1st, 2012

    gamsahamnida

  7. annyeong…
    gimana dengan cara penulisan ahngulx chingu…
    share dok dari dsar… khamsa

  8. annyeonghaseyo^^
    chingu minta info tentang universitas di korea + jurusannya , boleh ?
    gomawo

  9. Gamsahamnida

    • Amelia Anjani
    • September 21st, 2012

    annyeong haseyo chingu,,
    moleh nanya gx ??
    apa hangul nya nama
    Amelia Anjani ??

    gomawo-___-

      • Jungguk
      • Juli 8th, 2013

      Nama korea mu itu : Min Ji Ji.
      Nah, kamu tiggal cari saja, huruf hanguel nya :)

    • Nanhy’Edz
    • November 13th, 2012

    Annyeong chingu…
    bleh mnta pnjelasan yang lbiih detail gc?? abiis’x Qu krang mngerti . . .

    • dindaPJJ
    • November 24th, 2012

    gomawo^^

    • njhel’17
    • November 24th, 2012

    annyeong chingu,
    ble nd aku mnta alphabet hangeul dri A-Z :)

    wkwkwkwkwk:)

  10. KAlo Bahasa koReanYa :Cinta abadi tAx_an PisAh cLamanyha .
    Gimana ?????????

  11. anyong,kok gk maksud y
    : ] gk ngerti …

    • hatami
    • Desember 6th, 2012

    kamu cantik

      • chelsea
      • September 15th, 2013

      deogbun-e ye

  12. masih kurang gerti

  13. ternyata rumit ya memahami cara penulisannya.. dan belum ngerti sama sekali.. :-(

  14. Gamsahamnida….
    Kain tw banyk..
    :*

  15. kamu di mana

  16. masa si kak oh ya wow gx kerjain loh kak

    • julio dos santos
    • Januari 8th, 2013

    suasah sekali ..tolong cara yang palin sepat menulis dan membaca bahasa korea gimana si…???

    • Park Shin Ra
    • Januari 12th, 2013

    Jadi lebih ngerti !! Trmksih Chingu !!!

    • fredy
    • Januari 14th, 2013

    kok susah y mengenali/mempelajari alfabet korea >:o ,hehehe

    • GDragon
    • Januari 31st, 2013

    chingu, saya msih sdkit bingung ama penempatannya ni.
    kayak saranghae,, knp klo dibikin hangul sa rang hae, emang r kgk bisa di bentuk bareng “sa” gitu?

      • Utari Afifah
      • Agustus 9th, 2013

      Aku juga sebenarnya masih pemula chingu, tapi berhubung aku juga udh lumayan bisa bacanya ^^
      Kalau saranghae itu, sa rang hae. Karena sa itu kan hruf sesudahnya ra, jadi dipisah penulisannya. Kalau rang, karena huruf sesudahnya itu hruf mati, jadi harus digabung :)

  17. 감시합니다

  18. masih ga ngerti… :(

    • ll
    • Maret 8th, 2013

    .. nama ku icha pasasari audina tulisan korea nya gmna …???

    • Tantii
    • Maret 16th, 2013

    Terrnyata gampang juga ya min.
    Gomawo;)

    • Tantii
    • Maret 16th, 2013

    Annyeong, min mau tanya gimana cara bedain R sama L soalnyakan sama tulisannya? Dibalas ya;)

    • Desy
    • Maret 30th, 2013

    Belajar partikelnya susah bgt…. Ga bisa bikin kalimat…

    • poetrie
    • Maret 30th, 2013

    boleh di copy??? blz y

      • chelsea
      • September 15th, 2013

      Boleh apa salahnya

  19. msih gk ngrti..:(
    soal nya saya belum pernah belajar abjad korea.:D

  20. hay,
    aq mau blajar b.korea tlong diajarinya…..? hamsahamnida

  21. I like it..
    aq pengen belajar bahasa korea ….. :(

    • Tamara Riziq
    • Mei 8th, 2013

    Annyeong, gamsahabnida sudah post ^ ^ jadi mulai ngerti :) Annyeong

  22. Oke,,,aku udh ngrty…!!!

    • Tamara Riziq
    • Mei 27th, 2013

    Makasih Chingu, mau tanya boleh? Lewat e mail ya chingu. Emailnya apa chingu?

    • yunis
    • Juni 11th, 2013

    gumawo ^^

  23. chingu, lbh mudah belajar korea lewat huruf hangeul apa mendingan kosakatanya,??

  24. gomawo.,,,

    • gabril
    • Juni 21st, 2013

    gimana sihk cara baca bahasa korea ?????????????

    • aldhea
    • Juni 21st, 2013

    chingu knapph kalau di klik liric malah ke 4shared ??

    • oppa donghae
    • Juni 27th, 2013

    chingu kamu elf yaaaa ????

    • park ji eun,SONE forever
    • Juni 30th, 2013

    aigoo…

    jadi makin cinta sama korea,apalagi ada yg bantu hafalin hangeulnya.. :)

    gomawo

    • khusnul khotimah
    • Juli 2nd, 2013

    gimana cara nulis korea, ajarin dong,,,

  25. huruf hangul itu banyak ato dikit ?????

    jeongmal kamsahamnida . :)

  26. oppa ,,, kalaw dlam huruf korea itu ada brapa macam ???

  27. Gomawo ,,,, oppa ? :)

    • Eva Susanty
    • Juli 8th, 2013

    Unni,bisa bantu gak untuk percakapan dalam bahasa korea?
    Kalo bhsa inggris kan ada conversation,nah klo dalam bhsa korea contoh percakapan’y gmna unni?
    Yg sederhana dulu aja,misal :
    Nama,alamat,TTL,Hobi,Pekerjaan/sekolah,Makanan atau minuman favorit,menanyakan kabar,dLL..
    Tolong bantuan’y ya,kamsahamida…:)

  28. yang hana dul ses itu seharusnya hana dul set
    siot di akhir dibaca t

    • yeo wii
    • Juli 12th, 2013

    kalo dewi yulian jadiin korea apa?

  29. gomawo.. :-P

    • della
    • Juli 13th, 2013

    anyong aseo emm tolong donk tulisin abjad korea A s/d z dengan artinya. kamsa hamnida

    • syinta
    • Juli 17th, 2013

    “b”

    • rhifa
    • Juli 23rd, 2013

    anyeonghaseo, oppa masih belum ngerti…
    please bantu ajarin..
    gomawo

    • brendha
    • Juli 28th, 2013

    caranya nyarik nama hangul kayak diatas itu gimana cingu,,
    pliss pengen,,

    • Gie
    • Agustus 2nd, 2013

    gmn cara membuat nama kita menjadi nama korea??

    • Nènìså (Jung So Neùl)
    • Agustus 11th, 2013

    Ånyèong Haseo~

    Siapa yg ingn bertanya kpd saya??

    Semoga saya bisa mmbatu!:-)
    #Gomawoyo

      • dias ariany
      • Agustus 17th, 2013

      annyeong … chingu.. aku mau nanya nama koreaku siapa ya ? “dias ariany”

      gomawo :)

      • kalo mau pake nama korea berapa tanggal lahirmu,lihat jha dibloq aq saranghaeyo heheheheehehe

    • @Nènìsa( Jung SoNeul )
    • Agustus 11th, 2013

    Balasan buat @Hatami : kamu cantik dalam kosakata bhs korea mjd “neonen yeppoyo”
    #gomaptha

    Maaf apbila ada slah2 kata mhon d maklum sya baru pemula, tapi lmayan lahh.:-D

    • Park soo Ae
    • Agustus 11th, 2013

    gimana nulis Kadila zaiyuti dalam huruf hangul

    gomawo

  30. 게시 추셔서 감사할니다…
    지금은 할 수있었습니다.
    이게시물믈 매우 유용합니다.
    감사합니다…… (ngomong” bener gk ni pesan gw???) makasih ya chingu……

  31. hemmmm…. aq dah ngerti. plink gmpang nulis bahasa korea pke hp lyar sentuh ya.. kaya aq…

  32. oiiya.. numpang tanya dikit bolehkah chingu?. kalo k kn sama kya g : k/g =ㄱ kalo ㅋ: kh. bnarkah? contoh k/g => gikwang/kikwang. trus yg ㅌ: th. klo t sama kya d : t/d =ㄷbenarkah?
    yg trakhir ㅍ:ph. klo p sama dgn b p/b:ㅂ iyakah? oiiyya. 1 lgi, klo nulis Lee dlm hangul itu 리 ato ㅣ ajah? soalnya gk ada ee. gamsahabnida.

  33. Wah makasi chingu ^^
    eh tapi aku masih bingung bedanya Vv sama Vh -___-

  34. thor mau tanya dong apa bedanya a ituㅏsama yang ini 아?

  35. em cam ngak pahhamm..macam mana mahu gabung kan ayat melalui ayat hanguel..

  36. apa maksud dr c sama v itu???

    • shinta suryani
    • September 8th, 2013

    baru tau aq

    • cayang exo
    • September 12th, 2013

    anyeong….

  37. :'( susah…….

      • chelsea
      • September 15th, 2013

      없는 매우 어려운 매우
      eobsneun maeu eolyeoun maeu
      maksudnya : tak berapa susah sangat

  38. itu terlebih mudah maupun sulit lho hehehehe,mianhe….selamat belajar ya……jangan bilang gampang,tpi lebih sulit daripada mudah….mianhe wa gomawoyo ^_^

  39. kalau Mau nulis AZURA itu enaknya pake AJURA Apa ASURA?

    • Memi
    • September 25th, 2013

    Gomawo. infonya ngebantu bnget. update terus yah :)
    kalo Melysa Zainal nama koreanya apa yh?

    • Danatha
    • September 26th, 2013

    Chingu sebenarnya hangul itu super mudah banget aku aja nggak smpai seminggu dah bisa aku mempelajarinya secara otodidak.Beneran Hangul itu mudah bgt karena abjadnya mudah dihafal coba chingu bayangkan dgn tulisan china jepang dan tulisan2 yg lain pasti lebih susah karena abjadnya banyak bgt beda jauh dgn hangul yg mudah abjadnya.Contohnya aja saat aku lihat abjad china wahhh luar biasa banyaknya abjadnya

    • Danatha
    • September 26th, 2013

    Yg hanguk itu bukannya yg sebenarnya tulisannya itu 한국 kalau 하옥 bukan dibaca Hanguk tapi Ha ok bnr nggak

    • eka haning rahayu
    • September 27th, 2013

    annyeong haseo …… aku mau tanya
    nama ku eka haning rahayu kalau nama korea nya apa ???
    Gomawo

  40. Stevany Ferawati : :’( susah…….

  41. lumayan…………………………………………………………………………
    lumayan susah maksudnya………………………………………………………………………………….

    • Upi
    • November 1st, 2013

    gomawo chingu :)

  42. susaahhh :(
    gimana mau nge artiin dari bahasa indo ke korea dengan mudah?

    • anggiant magma
    • Desember 2nd, 2013

    kalo anggian koreanya gmana ya.?? ._.

    • Zara
    • Desember 14th, 2013

    ‘개’ ini bacanya apa ya, kalo yang di belakang kan ‘ae’, kalo huruf yang sebelum ‘ae’ itu apa ya bacanya?

  43. susah di mengerti kalau gk ada guru nya.

    .di k0ta medan dmn ada kursus bhs.k0rea ?
    pening nyari tempat ny

  44. annyeong haseo..
    oppa .. hera ayu permata sari imnida!!
    kalo nama korea ku bagaimana?!
    gomawo oppa :)

    • ajeng aulyani r
    • Desember 23rd, 2013

    annyeong haseo….chingu!1
    keren bangets…tapi klu b.korea’a “kalian semua gila” apa?!
    segitu aja dech….
    gomawo chingu…!

  45. Bingung

  46. masih sangat sangat sangat bingung sama cara penulisannya…

    • syifa fadhila
    • Januari 13th, 2014

    mau nanya nih min,gimana cara mengubah bhs dikeyboard ini biar jadi bhs hangul? soalnya sensei ku itu dilaptopnya bhs indonesia dikeyboard diubah jadi bhs jepang gitu. nah gimana caranya? tahu gk? makasih ^_^

    • Ukhti Aremanita
    • Januari 17th, 2014

    Kalo siti uswatun chasanah bakornya apa?

    • Yanti
    • Januari 27th, 2014

    chingu ada pembahasan mengenai kata kerja, benda, dan sifat ga di bahasa Korea???
    atau vocab gitu???

    • Oazzah
    • Januari 27th, 2014

    gomawo cingu..^-^

    • melaty
    • Januari 27th, 2014

    annyeonghaseyo…
    boleh nanya ?
    gimana mau buat nama dalam bahasa korea ?

  47. anyeonghaseyo…
    nama ku lailatul ma’rufah klo nama koreanya pa ya cingu :)

    • ambarhan
    • Februari 28th, 2014

    gamsahamnida,, membntu bgt ;)

    • kenzivirgo
    • Maret 5th, 2014

    aku msih bngung,, nhi gmn mke aksara korea di lptopku??? gmn zhi,,,, chingu,,,??? TT……

  48. Wahh nebantu banget kak^^ gomawo :D

    • Ibull bastian
    • Maret 23rd, 2014

    Susahhhhhhh

  49. Annyeong….
    Boleh minta alfabet hangul A-Z gak???
    Dan nama aku kan Michelle , klo nama koreanya apa ya..??
    Gomawo….

    • anggi
    • April 17th, 2014

    nama korea dari anggreini apa yah ?
    tlong dibalas yah

  50. kalo nama nya meisya dalam bahasa korea nya apa kasih tau nya pliss

    • nasywa
    • April 21st, 2014

    annyeong chingu, kalo nama korea nur nasywa itu apa ya? gomawo

    • Debby
    • Mei 6th, 2014

    halo chingu,
    salam kenal ya
    saya jg baru belajar , mo tanya eu itu kan bunyinya seperti e pada emas berarti hangeul itu harusnya bunyinya hangel ya ? bukan hangul ? soalnya kan sering liat tulisannya hangeul tp bacanya hangul.
    gomapta

  51. Makin tertarik belajar bahasa korea walaupun susah banget :) B)

    • kiki
    • Juni 8th, 2014

    terima kasih, gamsahamnida, thank you

    • elina lie
    • Juli 1st, 2014

    masihhh ngga ngertiii..
    kalau nyusun kalimat pakai tulisan hangeul itu gimana caranya yah, ???

  52. Makasih,sampe sejauh ini saya mengerti :)
    tapi Cara supaya tulisan koreanya keliatan gimana ya?

    • Debby
    • Juli 10th, 2014

    maaf chingu cara baca vikal tambahannya gimana? makasih sblmnya

  53. chingu bisa nanya gak
    Nama korea Ninda regita itu apaa??
    balas ya chinguu kamshamnida

  54. jgn lpa di like yahh

  55. Kepalaquw mumet..
    Sama sekali nggak mudeng cara menggandeng hurfx…. Gomawo

    • tika
    • Agustus 26th, 2014

    misi…
    mau nanya huruf hangeulnya eonjenga dangsin i nae anae balabnida apa ya?
    Thanks banget buat jawabannya…

    • yuny
    • Agustus 29th, 2014

    cara bedakan Vh dan Vv gmna ya? trus penempatannya gmna?? trus untuk kalimat dalm bahasa korea apa di sambung setiap kata untuk membuat kalimat? di jawab ya.. :)

    • salsabila
    • Agustus 29th, 2014

    nama aku salsabila nur fitriyanti bahasa koreanya apa..
    tulisan hangulnya gimana
    tolong ya please…

    • sumarti
    • September 10th, 2014

    Maaf chingu.
    Saya mau tanya,kalo nama saya di jadikan korea jadi apa?
    Sumarti
    Gomawo..

    • Are Rief
    • September 24th, 2014

    anyeong chingu,ajar saya bahasa korea dengan mengunakan keyboard??

  56. Hi chingu . Aku br les korea ni kebetulan yg ngajar orng korea langsung dia bilang e seperti ini 애 sedangkan ae 에 .. slama yg kita tau kan itu kebalik ye juga kata dia 얘 . Dan yae 예 . Kita dikelas jd debat soal ini krn 1 kelas jg tau yg ae 애 dan e 에 … kita agak bingung sih ni . Masa iya 1 web salah smua .. yg bener 1 orng korea asli nya . Mmmmmm

  57. Kata guru les korea saya e dan ae itu terbalik . Ye dan yae pun terbalik . Anehnya kita jg taunya sama spt yg km post di sini … masalahnya dia orng korea asli jd agak galau jg ya ..

  58. keren

  59. saya sih huruf korea udah bisa dari dulu,,,, tpi klo bahasa korea blum bisa….. #hheeedddeehh

    • unnie
    • Oktober 3rd, 2014

    anyyeong,ajarin dong say bahasa korea..sama sekali nda ngerti nihhhhh…..

  60. eh…. klo tulisan guliva alzura risai itu tulisan korea nya kaya apa??? a udah ngerti tpi… nda bisa klo huruf “v” ……

    • dea
    • Oktober 17th, 2014

    mau nanya dong kalo tulisan do kyungsoo di tulisan hangeul kan harusnya gini 도귱수 tapi knp jadi 도경수?

    • kathy desintya
    • Oktober 27th, 2014

    cara buat blog kaya gimana? :3

    • thequeenx
    • November 22nd, 2014

    Kalo misalny nama husnul khotimah, nama korea nya apa ya?

    Oiya satu lagi , kalo udh bisa baca hangul , tapi ga tau artinya itu gimana? —
    tolong ya chingu :^

    • Rida Aguistini
    • November 26th, 2014

    ajarin aku lebih banyak lagi,,, aku benar-benar ingin bisa berbahasa korea :( :D

    gomawo

  1. Maret 19th, 2013
    Trackback from : Hangeul 한 글 – Kkamjong
  2. Oktober 27th, 2013

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 224 pengikut lainnya.